Selasa, 01 Oktober 2013

Kedudukan Bahasa untuk Calon Guru Fisika



Kedudukan bahasa bagi calon guru fisika sangat penting untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan, nantinya dalam proses aplikasinya saat pembelajaran, diperlukan jembatan komunikasi yang baik, agar terjadi proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Tanpa keahlian berbahasa yang bagus, seorang calon guru akan kesulitan dalam mengajar dan muridpun akan kesulitan menerima pelajaran. Contohnya, ketika guru menggunakan banyak kata dengan makna yang susah dimengerti, maka guru harus menerangkannya sekali lagi atau bahkan berkali-kali agar murid yang diberi penjelasan mengerti tentang pembelajaran yang sedang berlangsung. Sehingga diperlukan cara berbahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh murid.
Dalam pembelajarannya, fisika sangat memerlukan pemahaman tentang rumus dan konsep yang harus ditekankan dalam setiap pertemuannya, sehingga dalam pembelajaran calon guru fisika harus bisa menguasai konsep dan rumus fisika. Akan tetapi, tanpa keahlian berbahasa yang baik seorang  calon guru fisika yang kedepannya diharapkan menjadi guru fisika akan kesulitan nantinya dalam memberikan materi. Jadi, seorang guru fisika selain harus memahami konsep dan rumus dengan baik, juga harus memiliki keahlian dalam berbahasa yang mumpuni.

3 komentar:

KELOMPOK 5 mengatakan...

Nama : Richi Ramadhana
Kelompok : 5
Kelas : 13A

Apakah ada sebuah inidikator bahwa seorang guru tersebut telah memiliki kedudukan bahasa yang baik dalam mengajar?
apabila murid tidak paham dengan pelajaran fisika itu terkendala dengan tatanan bahasa guru tersebut kurang baik?padahal fisika tu pada umumnya identik dengan rumus?

Een Irawati mengatakan...

Dalam proses belajar mengajar, guru menempati posisi penting dan penentu berhasil tidaknya pencapaian tujuan suatu proses pembelajaran. Sekalipun proses pembelajaran telah menggunakan berbagai model pendekatan dan metode yang lebih memberi peluang siswa aktif, kedudukan dan peran guru tetap penting dan menentukan.
Dalam sebuah ungkapan bahasa Arab dinyatakan, “ath-thoriqotu ahammu minal maadah, wal mudarrisu ahammu min kulli syai’ “ (Metode atau cara pembelajaran lebih penting daripada materi pembelajaran, dan guru lebih penting dari segalanya). Ungkapan ini mengandung makna bahwa seorang guru harus menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan. Lebih baik dari itu, penguasaan metode pembelajaran oleh seorang guru memiliki arti lebih penting lagi dan menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran daripada hanya penguasaan materi. Di atas itu semua, posisi dan peran guru jauh lebih penting dan menentukan atas segalanya. Materi, metode, media, dan sumber pembelajaran, semuanya menjadi tidak bermakna apabila guru tidak mampu memerankan tugasnya dengan baik.
Dan juga seorang guru harus mempunyai bahasa yang baik, benar, serta tepat dan sesuai dengan bahasa Indonesia yang sesungguhnya. oleh karena itu semua tingkatan pendidikan harus menekankan pembelajaran bahasa Indonesia, agar apapun profesi peserta didik nantinya Ia akan mampu menggunakan serta menerapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang telah dipelajarinya itu.

Unknown mengatakan...

Sebenarnya menurut kami tidak ada indikator yang pasti untuk mengetahui tingkat kemampuan guru, tapi jika kita hendak mengetahui efisiensi berbahasa kita, kita bisa mengetahuinya dengan menggunakan post test dan free test agar dapat diketahui tingkat kejelasan belajar mengajar kita, melemparkan pertanyaan- pertanyaan kepada murid tentang konsep yang kita berikan sehingga dapat kita ketahui tingkat efisiensi penyampain bahasa kita.

apabila murid terkendala dengan tatanan bahasa guru yang kurang baik, padahal kemampuan berbahasa guru sangat dituntut untuk mata pelajaran fisika yang identik dengan rumus yang dalam menjelaskannya memerlukan tingkat penyampaian bahasa yang bagus. Maka murid hendaknya bertanya tentang konsep atau rumusl yang kurang dipahani dan kata yang memiliki makna yang susah dipahami dan apabila guru tersebut termasuk guru yang tidak suka terlalu banyak ditanya atau hal , maka murid disarankan untuk bertanya dulu kepada temen yang mengerti sehingga dapat menghemat waktu guru untuk menyampaikan materi.

Posting Komentar